8 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil - Pengetahuan Cepat

8 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil

Nutrisi  Bagi Ibu Hamil

Salam sejahtera sahabat. Kali ini kami akan membagikan Tentang Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil.
Seiring bertambah nya usia kandungan, Sang ibu harus tau cara dalam memilih makanan yang akan di konsumsi, jika salah bisa berakibat tidak baik pada janin tersebut. Seorang ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi nutrisi yang cukup bagi ibu maupun janin. Dan ibu hamil juga membutuhkan 300 kalori ekstra setiap hari nya. Untuk itu seorang ibu hamil harus bisa memilih makanan yang mengutamakan nutrisi dari makanan.

Asupan makanan seimbang harus dipenuhi diantaranya makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral yang berpengaruh besar bagi tumbuh kembangnya bayi. Dan zat-zat yang terkandung dalam makanan tersebut berperan dalam pembentukan sistem saraf dan hormon. 
Berikut  8 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil :

1. Vitamin C

Vitamin C yang cukup bermanfaat untuk mendapatkan berat ideal saat kelahiran serta menurunkan resiko bayi lahir prematur. Vitamin C juga harus dikonsumsi setiap harinya. Vitamin C yang banyak terkandung di sebagian besar buah-buahan dan sayuran segar.

2. Vitamin D 

Vitamin D berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bagi bayi. Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur, susu, dan hati.

3. Asam folat dan zat besi

Ibu hamil harus menambah asupan zat besi dan asam folat. Disarankan mengkonsumsi 400 mg asam folat setiap hari selama minimal sebulan sebelum hamil dan 3 bulan selama masa kehamilan untuk membantu untuk mencegah kecacatan tabung syaraf. Kecacatan tabung syaraf dapat berakibat buruk pada tulang belakang dan tengkoraknya janin. Asam folat ini banyak terdapat dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan. Sedangkan zat besi bisa di dapatkan dengan mengkonsumsi daging sapi dan bayam. yang bermanfaat untuk menghasilkan cadangan darah.

4. Kalsium

Asupan kalsium disarankan untuk ibu hamil karena bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi janin serta pertumbuhan gigi sang ibu. 
Ibu hamil harus mendapatkan minimal sekitar 1500 mg kalsium setiap harinya. Makanan yang kaya kalsium seperti tahu, sayuran segar dan ikan.

5. Vitamin E

Ibu hamil haruskan juga untuk mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin E sebanyak 15 mg setiap hari. Khasiat untuk membentuk dan menggunakan sel darah merah serta otot. Vitamin E ini banyak terdapat di gandum, minyak sayur, kacang-kacangan, bayam serta sereal.

6. Vitamin B1

Asupan vitamin B1 juga perlu di komsumsi setidaknya 1,4 mg setiap hari. Untuk meningkatkan energi serta mengatur sistem saraf. Vitamin ini banyak bisa di dapat dari gandum utuh, nasi, telur dan sereal.

7. Vitamin B2

Ibu hamil juga perlu Vitamin B2 minimal 1,4 mg perhari. Yang bermanfaat untuk menambah energinya, serta menjaga kesehatan kulit dan mata.Vitamin ini bisa didapatkan di daging-dagingan, produk olahan susu, ikan serta telur.

8. Zat besi 

Ibu hamill juga perlu mengkonsumsi Zat Besi agar terhindar dari anemia, Bisa di dapat pada sayuran hijau seperti bayam, kangkung, daun pepaya, daun singkong, , daging dan hati.


Itulah 8 Nutrisi Penting Bagi Ibu Hamil. Nutrisi yang bisa didapat tampa bersusah payah, hanya dengan duduk di rumah sambil mengkonsumsi nutrisi bermanfaat bagi kehamilan. 
Semoga Bermanfaat^^

Share this article :

Post a Comment

 

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Copyright © Pengetahuan Cepat - Situs Yang Membahas Semua Informasi
powered by Blogger