Inilah 6 Minuman Untuk Kesehatan Jantung Kita - Pengetahuan Cepat

Inilah 6 Minuman Untuk Kesehatan Jantung Kita

Faktor-faktor genetik bisa mempengaruhi risiko terhadap seseorang untuk terkena penyakit jantung. Tapi kabar baiknya, penyakit ini dapat dicegah. Anda pernah mendengarkan nasihat bijak yang terucapkan, untuk menjaga jantung agar tetap sehat, maka anda harus mengonsumsi makanan-makanan yang begizi serta teratur dengan berolahraga.

Dilansir dari Kompas.com. Namun bukan hanya perubahan dalam gaya hidup yang dapat anda lakukan untuk menurunkan risiko sakit jantung. Apa yang ada dan Anda konsumsin ataupun meminum juga bisa membuat suatu perbedaan. Berikut adalah dari beberapa jenis minuman yang bisa disarankan dapat untuk membantu anda dalam menjaga kesehatan jantung.

1. Kopi
Kopi Mungkin sepintas terasa aneh. Tapi Anda harus tahu bahwa kopi memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dari pada kakao atau teh? Dengan Mengonsumsi kopi dalam jumlah yang begitu tepat dapat menghambat terjadinya peradangan serta mengurangi resiko terhadap penyakit kardiovaskular.

Kopi
Dari sebuah studi berjangka panjang dan juga berskala besar, di mana sebuah studi tersebut melibatkan lebih dari 83.000 wanita yang menunjukkan bahwa dengan meminum 2 cangkir kopi setiap harinya dapat memangkas risiko terkenanya penyakit stroke dan 20  persen lebih rendah dari mereka yang biasa meminum kopi ataupun tidak sama sekali.
Saran : Meminum kopi antara 2 hingga 4 gelas kopi perharinya termasuk juga kedalam kategori moderat. Tetapi jika Anda mengalami insomnia atau susah tidur malam, gelisah serta kelelahan, cukup hanya meminum satu gelas saja.


2. Anggur merah (red wine)
Anggur merah ini mengandung banyak sekali senyawa yang dapat melindungi kesehatan pada jantung anda, termasuk juga di antaranya seperti resveratrol. Sedangkan resveratrol ini memiliki sifat antioksidan yang bisa melindungi pembuluh darah anda yang berada di jantung serta membantu untuk mencegah pembentukan penggumpalan darah anda.

Anggur merah (red wine)
Dari beberapa bukti juga telah menunjukkan, dengan mengkonsumsi anggur merah ini dalam jumlah yang seimbang dapat meningkatkan HDL atau (kolesterol baik) untuk tubuh.
Saran: Untuk para perempuan, dianjurkan agar tidak lebih dari 1,5 gelas perhari meminum anggur merah ini. Sedangkan untuk para pria, tidak lebih dari 2 gelas perharinya.


3. Jus delima
Belakangan ini reputasi terhadap pengkonsumsi jus buah delima semakin melonjak serta memikat peneliti gizi. Kenapa tidak, para ahli dari University of California ini menemukan bahwa, kapasitas dari antioksidan yang terdapat pada jus delima tiga kalilipat lebih tinggi dari pada anggur merah serta teh hijau. 

Jus delima
Bahkan penelitian ini juga sempat menunjukkan, bahwa dengan mengkonsumsi rutin jus buah delima itu dapat menurunkan resiko terkena kolesterol, dan mengurangi plak arteri (faktor risiko untuk para penyakit jantung), serta dapat meningkatkan aliran darah anda ke jantung.
Saran: Jika memungkinkan anda untuk menggunakan ini, hindarilah tambahan pemanis ketika membuat jus delima. 


4. Teh hitam
Teh hitam yang dihasilkan dari proses fermentasi setelah daun tersebut dipanen dan dikeringkan. Pengolahan ini akan mengubah komposisi kimia dari daun tersebut, sehingga dapat menghasilkan antioksidan kuat yang akan membantu dan mendukung kesehatan jantung anda. Teh hitam juga telah terbukti mengurangi terjadinya stroke, mengurangi LDL (kolesterol jahat), dan memperbaiki fungsi pembuluh darah anda, lalu meningkatkan aliran darah dari dalam arteri koroner. 

Teh hitam
Saran : Semakin lama mencelupkan teh hitam, maka khasiatnya akan semakin besar dan fitokimia akan diperoleh. Oleh sebab itu, menyajikan teh hitam dengan air panas jauh lebih baik serta sekaligus menjaga kandungan-kandungan antioksidan selalu terjaga. Dengan meminum beberapa cangkir teh hitam disetiap hari akan dapat membantu anda mengurangi risiko terhadap penyakit jantung.


5. Teh hijau
Sama seperti teh hitam, teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Perbedaan utamanya hanya saja teh hijau ini tidak difermentasi. Sebuah studi tahun 2004 telah menunjukkan bahwa dengan minum teh hijau dalam jumlah yang begitu banyak akan dapat mencegah terjadinya penyakit arteri koroner pada tubuh. 

Teh hijau
Banyak penelitian yang telah menghubungkan antara konsumsi teh hijau terhadap kolesterol rendah, dan pencegahan terhadap pembekuan darah serta stroke.
Saran: Minum teh hijau 1-3 cangkir teh hijau perharinya.


6. Air
Dehidrasi dari air dapat berkontribusi untuk beberapa faktor terhadap risiko untuk penyakit jantung koroner, termasuk diantaranya darah kental. Ketika sedang mengalami dehidrasi, darah kita akan menjadi kental. Kondisi ini yang membuat hati Anda bisa mengeluarkan lebih banyak energi yang bekerja untuk memompa darah ke seluruh tubuh kita. Bahkan juga, dehidrasi kronis bisa menyebabkan hipertensi terhadap (tekanan darah tinggi).

Air
Saran:  Dari Banyak ahli merekomendasikan agar setidaknya dalam satu hari seseorang wajib meminum 8-10 gelas air putih (untuk dewasa).  Tetapi rekomendasi ini jumlah yang yang harus diminum tergantung orang dan kondisi.  Yang pastinya, jangan biarkan tubuh sampai merasakan dehidrasi. Anda juga bisa menambahkan jus ataupun air perasan dari lemon ke dalam air putih hangat supaya dapat menambahkan cita rasa yang anda suka sekaligus memperoleh manfaat peluruhan serta antioksidan.


Nah Inilah 6 Minuman Untuk Kesehatan Jantung Kita. agar terhindar dari penyakit yang bahaya itu alangkah baiknya dengan mencoba seperti hal di atas. toh itu juga kebutuhan kita sehari-hari. Semoga bermanfaat. 
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Makasih infonya :)
Semoga semakin banyk yang kunjungi :D

amin agan.. thx sudah berkunjung semoga sama2 sukses @Susu Kambing NEWGOAT

Post a Comment

 

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Copyright © Pengetahuan Cepat - Situs Yang Membahas Semua Informasi
powered by Blogger