Cara Mengatasi Cegukan - Pengetahuan Cepat

Cara Mengatasi Cegukan

Cegukan ialah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik / huk. Cegukan biasanya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat penyembuhan cegukan, dan ada beberapa pengobatan dokter yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus.

 

Walaupun kelihatannya sepele, cegukan ini juga dapat mengganggu aktivitas sehari -hari lho guys. Contohnya saja mau makan, tiba-tiba cegukan, kan sangat menggangu. Terus satu lagi nih yang paling gak enak banget, yaitu ketika berpuasa. Dimana saat berpuasa kita harus menahan lapar dan dahaga. Jadi gmana tips nya? 

1. UNTUK YANG SEDANG BERPUASA
  • Tahan napas beberapa detik, sekitar 10 detik, kemudian bernapas secara biasa. Cara ini bisa diulang beberapa kali sampai cegukan berhenti. Kalau cara tersebut belum berhasil, Anda dapat mencoba tips selanjutnya. 
  • Tahan napas sewaktu mulut kita di kantong kertas, tahan selama 10 detik, kemudian napas beberapa kali lagi seperti biasa tanpa kantong kertas, kemudian tahan napas lagi di kantong kertas. Demikian, diulang beberapa kali.
  • Letakkan jari kita ke langit-langit, kemudian pijatlah dengan halus, langit-langit tersebut. Cara lain adalah letakkan lidah di antara dua bibir dan tutup mulut. 
2. UNTUK YANG TIDAK BERPUASA
  • Minum air putih secara cepat (langsung glek-glek-glek). Jika dalam beberapa menit belum juga berhenti, coba cara ini yaitu dengan meminumnya sambil menunduk, kemudian minum seperti biasa, selang beberapa detik, minum lagi segelas air tadi dari bibir gelas yang letaknya berseberangan dari tempat(mulut) kita minum tadi.
  • Leher dongakkan sedikit kebelakang, kemudian masukkan satu setengah sendok teh gula kering dibagian belakang lidah. (hanya dihisap, jangan ditelan dan dilakukan 3x dalam interval 2 menit)
  • Usapkan es ke dagu dan minum beberapa tetes air es. Dilarang keras menelas es batu ketika cegukan, bisa salah masuk ke jalan napas dan dapat menyebabkan kondisi kritis.
3. CARA LAINNYA
  • Menarik Lidah dengan keras
  • Dikagetin / Dikejutin 
Kalau tidak menolong juga maka perlu segera dibawa ke dokter spesialis THT. Kalian juga bisa ke IGD rumah sakit terdekat untuk meminta pertolongan. Dokter akan membuatkan resep anticegukan, antara lain, chlorpromazine atau metoclopramide.  Pada kondisi cegukan yang amat berat, dokter kadang menyarankan suntikan obat anestetik untuk memblok saraf diafragma. Pilihan lain adalah memasang implan untuk stimulasi elektrik ke saraf vagus. Terima Kasih ^^
Share this article :

Post a Comment

 

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Copyright © Pengetahuan Cepat - Situs Yang Membahas Semua Informasi
powered by Blogger