7 Sungai Terpanjang Yang Ada Di Indonesia - Pengetahuan Cepat

7 Sungai Terpanjang Yang Ada Di Indonesia

Indonesia memiliki sungai yang banyak dan memiliki banyak nama juga. Dan yang dari kita ketahui sungai tersebut juga menjadi peranan penting bagi kehidupan kita. Sungai yang banyak di manfaatkan manusia sebagai Sarana Transfortasi, Pembangkit Tenaga Air, Perikanan dan sebagai sumber air bagi orang yang memiliki usaha sebagai petani.

Indonesia memliki banyak pulau dan memiliki sungai lebih dari ratusan sungai baik berukuran besar maupun kecil. Nah, Dari banyaknya sungai yang ada di indonesia ini ada banyak sungai yang paling panjang di indonesia. Namun Kita akan membahas 7 Sungai Paling Panjang Yang Berada Di Indonesia. Berikut nama-nama 7 Sungai Terpanjang Yang Ada Di Indonesia itu.


1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas
Sungai ini memiliki panjang 1.143 km dan berada di kalimantan indonesia. Sungai ini memiliki mata air dari Pengunungan Muller, dan hilirnya bedara di selat karimata. Ini adalah sungai paling panjang yang ada di indonesia.


2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam
Sungai Mahakam memiliki panjang 920 Km dan berada di kalimantan timur. Muara sungai Mahakan ini berakhir di Selat Makasar. Sungai ini melewati tiga daerah yaitu Kutai Barat, Kutai Kartanegara dan akhir di Kota samarinda.


3. Sungai Barito

Sungai Barito
Panjang sungai Barito ini sampai 909 km dan sungai ini berada di kalimantan tengah. Sungai Juga mengalir dari pengunungan muller namun muaranya berbeda yang di mana muara dari sungai barito berada di laut jawa.


4. Sungai Batang Hari

Sungai Batang Hari
Sungai ini terdapat di Pulau Sumatera. Sungai ini menjadi sungat terbesar serta terpanjang di sumatera. Panjang dari sungai ini mencapai 800 km. Mata air sungai ini berasal dari Gunung Rasan dan berakhir di Muara Sabak yang di mana muara sabak ini terdapat di bagian Timur Sumatera.


5. Sungai Musi

Sungai Musi
Sungai musi memiliki panjang 750 km yang berada di sumatera juga. Namun Sungai ini adalah sungai terbesar nomor dua di Sumatera. Sungai ini mengalir dari Kepahian, Bengkulu dan berakhir di daerah Sungsang. Sungsang sendiri berada di Timur pulau sumatera.


6. Sungai Mamberamo

Sungai Mamberamo
Sungai ini berada di pulau papua yang memiliki panjang 670 km. Sungai ini juga di juluki sebagai Sungai Amaxonnya indonesia karena memiliki banyak keanekaragaman hayati yang bernilai tinggi. Sungai Mamberamo ini berasal dari pertemuan anak sungai seperti Sungai Tariku, Sungai Taritatu dan Sungai Daalen yang berakhir di samudra pasifik.


7. Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo
Sungai ini berasal dari pulau jawa tepatnya di provinsi jawa tengah dan jawa timur. Panjang sungai Begawan Solo ini adalah 548 km. Mata air sungai begawan solo ini berasal dari Gunung lawu dan berhilir di laut jawa. Sungai ini menjadi sungai terpanjang di pulau jawa.

Nah itulah 7 Sungai Terpanjang Yang Ada Di Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan anda tentang sungai-sungai yang terpanjang yang ada di indonesia ini.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

11/04/2014

ditambah lagi, artikel kekayaan alam indonesia.

Post a Comment

 

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Copyright © Pengetahuan Cepat - Situs Yang Membahas Semua Informasi
powered by Blogger