Dibuka Pendaftaran CPNS 2014 Dari 20 Agustus Hingga 3 September - Pengetahuan Cepat

Dibuka Pendaftaran CPNS 2014 Dari 20 Agustus Hingga 3 September


Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini akan dibuka mulai tanggal 20 Agustus hingga 3 September 2014. Hal tersebut sesuai dengan surat resmi Menteri PAN-RB nomor B/2870/M.PANRB/7/2014.

Sedangkan untuk proses seleksi akan dilaksanakan pada 8 September 2014. Pada tahap seleksi ini peserta akan berhadapan dengan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB).

Proses pendaftaran tahun ini dilakukan melalui satu pintu (single entry), dimana para pelamar tidak lagi lakukan pendaftaran secara berpencar-pencar sesuai instansi yang dilamar. Pendaftaran dapat dilakukan secara online Lewat satu situs portal yang beralamat di panselnas.menpan.go.id.

Namun menurut keterangan Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman, kemungkinan rencana tersebut masih bisa berubah. Hal tersebut dikarenakan sampai saat ini baru beberapa instansi yang sudah menyerahkan formasi.

Hingga Senin (4/8), baru ada 34 instansi pusat dan daerah yang sudah menyerahkan rincian formasi. Pihaknya akan terus mendorong semua instansi bisa mentaati jadwal yang miliki tenggat waktu hingga 8 Agustus nanti.

Pada tahun anggaran 2014 ini pemerintah akan membuka 100.000 kursi lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di seluruh wilayah Indonesia. Dengan rincian 60.000 orang untuk menjadi CPNS dan sisanya untuk PPPK.

Pendaftaran mulai dibuka pada pertengahan bulan Juni 2014 di seluruh instansi pusat maupun daerah dengan proses seleksi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan tes akan dilakukan mulai akhir Juni hingga Oktober 2014..

Para calon peserta seleksi diharuskan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Berikut persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh para calon pelamar seleksi penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2014:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun per tanggal 1 Desember 2014. Pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun, hanya dapat melamar pada formasi PPPK dengan syarat sudah memiliki masa kerja.
  • Berkelakuan Baik dan tidak pernah dihukum penjara.
  • Sehat Jasmani dan Rohani dan bebas narkoba
  • Untuk pelamar berpendidikan sarjana dan diploma, memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan akreditasi bidang studi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Perguruan Tinggi Luar Negeri harus memiliki Penyetaraan Ijazah luar Negeri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • IPK minimal 2,75 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi A dan minimal 3,00 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi B.
  • Pelamar harus sudah memiliki ijazah asli ketika melamar, Surat keterangan kelulusan dan ijazah sementara tidak berlaku
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/POLRI.
  • Tidak sedang menjalani perjanjian atau ikatan dinas kerja pada instansi lain
Pendaftaran CPNS 2014 dilaksanakan secara online melalui website yang dibuat khusus untuk prosesi penerimaan CPNS. Alamat wesite pendaftaran CPNS 2014 secara nasional adalah  http://panselnas.menpan.go.id

Pelamar tes seleksi CPNS dan PPPK tahun 2014 juga harus memenuhi persayaratan khusus yang diberlakukan oleh masing-masing instansi baik instansi pemerintah pusat maupun daerah, dimana syarat khusus tersebut kemungkinan akan memiliki perbedaan di tiap instansi. (C01)

Untuk diketahui, tahun ini pemerintah membuka 100 ribu formasi PNS dengan rincian 65 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). [C01].(Source)
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

saya mah dari dulu gak minat ah jd pns

9/24/2014

tergantung orang nya sih bu...
terimakasih sudah berkunjung ^^

Post a Comment

 

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Copyright © Pengetahuan Cepat - Situs Yang Membahas Semua Informasi
powered by Blogger