10 Tips Membangun Bisnis yang Sukses - Pengetahuan Cepat

10 Tips Membangun Bisnis yang Sukses

Membangun Bisnis yang Sukses
Setiap bisnis pasti selalu dimulai dari sebuah ide, ide tersebut berkembang menjadi  ide yang menarik dan dengan sedikit keberuntungan usaha itu akan cepat menjadi sukses.  Bagaimana sebenarnya mengubah sebuah ide bisnis menjadi bisnis yang sukses?  ide bisnis yang menarik  juga harus bisa menghasilkan, benar bukan? 
Berikut ini adalah sepuluh tips yang bisa mengangkat ide bisnis Anda menjadi bisnis yang sukses :




1. Tegaskan Keunikan 
Anda harus bisa menjelaskan bagaimana produk Anda berbeda dibanding dengan para kompetitor. Sebagai contoh, Anda memiliki ide untuk membuat sebuah social media baru yang setiap penggunanya bisa mengunggah koleksi foto mereka dan membagikannya ke sesama pengguna.
Dalam contoh ini apa bedanya ide yang kita miliki berbeda dari Facebook, Pinterest, Instagram, atau Slideshare. Anda harus menjelaskan keunikan yang ada dalam produk Anda yang ”belum pernah ada” sebelumnya. 

2.Carilah Permasalahan  
Carilah permasalahan disekitar Anda dan coba analisa apakah ide bisnis tersebut menjadi solusi atas permasalahan yang ada dan terjadi.
Contoh-contoh permasalahan seperti : Mampukah produk kita mengefisienkan waktu, mudahkah produk kita untuk ditemukan? Praktis dan fungsionalkah produk kita ini? Jika produk kita tidak dibutuhkan atau diinginkan, untuk apa mereka beli produk tersebut? 

3.Gunakan Tagline yang Jelas 
Bukan saatnya lagi kita berkata “produk kita seperti ini”  Kita harus menemukan kata yang cocok dan jargon yang kuat untuk produk kita. Malah jika kita fokus pada tagline, akan menimbulkan citra sendiri tentang produk kita. Jika ide bisnis tersebut tidak membuat orang tertarik, ide tersebut hanya akan berada diatas kepala Anda. 

4.Kerjakan PR Anda 
Apakah Anda merupakan orang pertama yang mempunyai ide tersebut? Atau Anda akan mempunyai pesaing dalam mengembangkan ide bisnis Anda?
Galilah sebanyak-banyaknya informasi mengenai ide bisnis Anda melalui browsing di internet, datang ke seminar-seminar, dan konsultasi kepada mentor-mentor yang sudah terjun kedunia bisnis sebelumnya. Anda tentu tidak mau menghabiskan uang dan waktu untuk hal yang sebelumnya sudah pernah ada kan? 

5.Kerjakan PR Anda Lagi 
Jika memang hanya Anda yang memiliki ide bisnis ini, selalu perhatikan orang-orang yang mempunyai rencana yang ingin mengembangkan ide bisnis dari masalah yang Anda ambil sebelumnya.
Perhatikan setiap celah yang memungkinkan orang lain merebut potential customer Anda. Tentukan dan mulailah lihat bagaimana orang yang berpotensi itu menyelesaikan permasalahan yang ada. Berpikirlah  apa yang membuat orang mau menghabiskan uang dan waktu dibanding menggunakan produk Anda? 

6.Tentukan Customer Base 
Jika Anda mengatakan target market Anda adalah semua orang, Anda salah besar. Karena tidak semua orang sama. Kita harus lihat tidak semua orang akan sesuai dengan produk kita.
Kita juga harus memikirkan, apakah orang-orang akan spending uang dan waktu untuk mencoba sesuatu yang baru dibanding menggunakan sesuatu yang telah ada sebelumnya? Dan yang penting Anda harus melihat dengan pasti yang akan tertarik pada produk Anda, dan dari sanalah kita bisa melihat mana target customer base kita. 

7.Tentukan Resource yang Dibutuhkan 
Ketahuilah Apa yang Anda perlukan untuk memulai ide bisnis tersebut. Apakah dengan menggunakan peralatan sederhana yang bisa Anda kerjakan di rumah atau memerlukan bahan khusus yang harus kita pesan. Sanggupkah kita mengerjakan sendiri atau kita perlu orang lain yang membantu membuat produk kita.
Pikirkan banyaknya uang yang akan dihabiskan untuk merealisasikan ide binsis tersebut. Pada proses ini tidak akan berjalan cepat, kecuali Anda menyisihkan waktu lebih dalam meriset produk Anda, mencari supplier yang tepat dan berkomunikasi dengan orang-orang yang expert di area resource tersebut. 

8.Buatlah Prototype 
Membuat prototype sangat penting untuk usaha baik itu berupa barang atau jasa. Untuk jasa kita bisa membuat prototype berupa process map yang dilengkapi dengan contact point dan SOP saat bertemu dengan pelanggan.
Untuk produk dapat kita buat prototype secara fisik, dan prototype tersebut fungsinya harus bekerja dengan baik dan juga  harus jelas pengertian dari fungsi prototype itu serta keunggulan produk tersebut.  Jika kita tidak bisa membuat prototype secara fisik kita setidaknya bisa buat secara gambling desainnya dan detail spesifikasinya. 

9.Lakukan Perhitungan
Tidak ada rencana yang berhasil tanpa adanya financial analysis.  Perhitungan ini juga harus disertai proyeksi pendapatan serta biaya yang ada. Anda harus bisa estimasikan break-even point secara detail serta keuntungan yang akan didapatkan. 

10.Tulis Rencana Anda 
Tulislah rencana bisnis Anda agar dapat mencapai kesuksesan. Anda harus melakukan ini sendiri, sehingga setiap Anda bangun pagi Anda tahu apa yang harus Anda kerjakan. Dan melihat progres bisnis Anda. Ini sangat penting untuk mempertahankan flexibititas bisnis Anda. 
Ketika Anda melompat dengan gagasan bisnis Anda, bisa jadi Anda terlempar dan terjatuh atau bahkan Anda bisa terbang tinggi dengan itu. Tapi yang pasti, kita tidak bisa tahu hasilnya bila kita tidak mencoba.(Source)
Share this article :

Post a Comment

 

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Copyright © Pengetahuan Cepat - Situs Yang Membahas Semua Informasi
powered by Blogger