Pencipta Nama INDONESIA Serta 5 Nama Sebelum INDONESIA - Pengetahuan Cepat

Pencipta Nama INDONESIA Serta 5 Nama Sebelum INDONESIA

Kata indonesia dahulunya berasal dari kata INDO dan NESIE. Kata tersebut jika di terjemahkan kedalam bahasa Yunani mempunyai arti Kepulauan Hidia. Pada tahun 1869 James Richardson Logan dan George Samuel Windson Earl Menulis dalam sebuah buku yang berjudul The Indian Archipelago And Eastern Asia. Dalam Karangannya itu George Samuel Windson Earl Membuat nama Melayunesia dan Indunesia tetapi James kurang setuju dan James lebih setuju Menggunakan Kata Indonesia yang pada masa itu kata indonesia masih tabu untuk diucapkan. James Richardson Logan Lah orang pertama yang membuat kata INDONESIA tersebut.

Pencipta Nama INDONESIA Serta 5 Nama Sebelum INDONESIA

James Richardson Logan yang lahir di Scotlandia ini adalah orang yang mengajukan nama indonesia kepada bangsa kita. James adalah seorang Pengacara yang sangat hebat dimasa itu. Sebelum James mengajukan nama indonesia tersebut, Indonesia yang sekarang juga memiliki sebutan-sebutan yang diberikan oleh bangsa-bangsa asing untuk indonesia. Seperti berikut Penemu Nama INDONESIA Serta 5 Nama Sebelum INDONESIA.

1. Hindia
Nama ini diciptakan oleh seorang ahli ilmu sejarah berkebangsaan Yunani dia adalah Herodotus. Herodotus ini adalah Kepala Pengetahuan Sejarah yang sudah di akui semua dunia. Catatan yang sangat populer dari ilmu sejarah Herodotus adalah penyelidikan persoalan perang yunani-persia.

2. Naderlandsch Oost-Indie atau Nederlandsch Indie
Nama ini disebutkan oleh Seorang pelaut Belkamu yang berkuasa di Indonesia pada saat itu, dia adalah Cornelis De Houtman. Cerita ini ditulis pada sejarah catatan Cournelis De Houtman bahwa bangsawan Belkamu yang pertama kali memimpin pasukannya masuk ke Indonesia di tahun 1596.

3. Insulinde
Insulinde pertama kali disebutkan oleh Eduard Douwes Dekker biasa di panggil Multatuli. Multatuli mengisahkan sebuah buku yang berjudul Max Havelaar di tahun 1860. Nama Insulinde di buat dengan alasan Multatuli tidak suka mendengar nama Nadelandsch Indie yang diberikan oleh Belkamu. Arti Insulinde itu sendiri adalah Pulau Hindia.

4. Nusantara
Nama ini diberikan karna indonesia terletak di daerah perpulawan kecil dan benua. Arti dari Nusantara itu sendiri ialah Pulau-pulau kecil yang terletak di luar tanah jawa. Nusantara berasal dari kata jawa kuno yang artinya hubungan antar pulau atau rangkaian pulau-pulau. 

5. The Malay Archipelago
pada tahun 1869, Alfred Russel Wallace menciptakan nama ini. Dengan artian Malay adalah melayu dan Archipelago memerintah. Dengan demikian pengartian dari Malay Archipelago berarti kumpulan pulau-pulau melayu dan menguasai lautan.


Nah itulah Pencipta Nama INDONESIA Serta 5 Nama Sebelum INDONESIA yang belum kita ketahui karna jauh dari tahun kelahiran kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita bersama.
Share this article :

Post a Comment

 

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Copyright © Pengetahuan Cepat - Situs Yang Membahas Semua Informasi
powered by Blogger