10 Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia - Pengetahuan Cepat

10 Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Air Terjun Adalah bagian dari fenomena alam yang indah sekaligus menakjubkan. Air mengalir melewati bebatuan hingga akhirnya jatuh ke sungai. Kalau sungai turun melewati tebing yang sangat curam, maka terjadilah air terjun.

Air Terjun juga ada yang dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman dan ada juga secara alami. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi. Nah Berikut adalah Air Terjun dengan pemandangan terindah terbentuk secara alami yang di kutip dari berbagai sumber.



Air Terjun Yosemite, USA


 Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Yosemite Falls (Air Terjun Yosemite) dengan 3 tingkatan dengan total ketinggian 2425 ft, terletak di Taman Nasional Yosemite, California. Jika tiga tingkatan dianggap sebagai keseluruhan, Yosemite Falls adalah air terjun tertinggi di Amerika Utara dan tertinggi kelima di dunia. Tiga tingkatan termasuk bagian atas (1430 ft), Cascades Tengah (675 ft) dan yang paling lebih rendah (320 ft). Air terjun ini hampir seluruhnya dari pencairan salju, yang dapat menyebabkan air menjadi lebih sedikit atau bahkan berhenti, pada waktu tertentu dalam setahun.



Air Terjun Victoria, Zambia-Zimbabwe




 Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Air Terjun Victoria, terletak di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, mungkin merupakan air terjun yang paling terkenal di dunia. Berasal dari Sungai Zambezi. Pada tahun 1989, air terjun dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Victoria Falls kadang-kadang disebut dengan nama pribumi, Mosi-oa-Tunya,yang berarti dalam Bahasa Inggris yaitu The Smoke The Thunders.



Waterfall, Basque Country, Spain



Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

The Basque Country adalah negara yang berada di wilayah utara Spanyol, berbatasan dengan Samudra Atlantik dan Perancis. Hal ini didefinisikan secara formal sebagai komunitas otonom dari tiga provinsi di Spanyol, dan budaya termasuk provinsi keempat dan sebagian kecil dari Perancis. Basque Country adalah salah satu tujuan gastronomi top dunia, dengan pusat-pusat gourmet kunci dalam San Sebastian, Hondarribia dan Bilbao. Kota Vitoria-Gasteiz yaitu ibukota komunitas otonom Bilbao. 


Kota terbesar di wilayah ini yaitu Balmaseda Getaria. Seafood segar terkemuka di memancing ini yaitu Pelabuhan Guernica (Basque: Gernika) yaitu sebuah kota komersial yang berkembang dengan makna sejarah dan budaya yang besar bagi rakyat Basque San Sebastian yaitu ibukota provinsi melengkung sekitar berbentuk bulan partai dramatis dilindung nilai dalam oleh tebing Hondarribia Portugalete yaitu pinggiran Kota Bilbao dengan kota tua yang indah dan Port Zumala dan Zarauz yaitu pantai berpasir yang mulia, tidak jauh dari San Sebastian.



Triple Falls, Glacier Park, USA



 Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Glacier National Park berlokasi di negara bagian AS Montana, selatan dari perbatasan Kanada Alberta dan British Columbia. Taman mencakup lebih dari 1.000.000 hektar (4.000 km2) dan termasuk bagian dari dua pegunungan (subrentang Pegunungan Rocky), lebih dari 130 danau bernama, lebih dari 1.000 spesies tanaman yang berbeda dan ratusan spesies hewan. Ekosistem ini murni luas adalah pusat dari apa yang telah disebut sebagai "Mahkota Ekosistem Benua", sebuah wilayah daerah yang dilindungi mencakup 16.000 mil persegi (41.000 km2).



Multnomah Waterfalls, Oregon



 Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Air Terjun Multnomah, Oregon berada di tepi Columbia River Gorge, yang tepatnya terletak di sebelah timur Troutdale, antara Corbett dan Dodson. Air terjun memiliki 2 bentuk air tejun dengan ketinggian yang berbeda. Dimana air terjun yang utama memiliki ketinggian 542 kaki dan ketinggian air terjun yang ke-2 sekitar 69 kaki,sehinggga apabila total ketinggian air terjun di jumlahkan maka air terjun ini memiliki ketinggian sekitar secara konvensional diberikan sebagai 612 kaki. Air Terjun Multnomah termasuk salah satu air terjun tertinggi ke-2 di Amerika Serikat.



Niagara Waterfalls, Ontario, Canada



Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Air Terjun Niagara salah satu air terjun yang terindah dan terunik yang terbentuk dari bebatuan gletser-gletser dan terbentuk dari gabungan 2 danau besar yaitu Danau Erie dan Danau Ontario selain itu juga Air Terjun Niagara terletak di antara 2 perbatasan (Negara) internasional yaitu antara Provinsi Kanada dari Ontario dan negara bagian AS dari New York. 2 perbatasan negara itu membentuk ujung selatan Gorge Niagara yaitu terletak di Sungai Niagara, Air Terjun Niagara memiliki ketinggian sekitar 165 kaki (50 m). Dengan volume air sebanyak 168.000 m3 dengan besarnya volume Air Terjun Niagara tersebut maka air terjun selain di jadikan objek wisata karena keindahannya juga di jadikannya sebagai sumber pembangkit listik tenaga air. Enam juta kubik air mengalir dari Air Terjun Niagara setiap menit setiap hari. Air Terjun Niagara tidak diragukan lagi menawarkan salah satu pemandangan paling spektakuler di Amerika Utara.



Air Terjun Dettifoss, Iceland



 Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Dettifoss, air terjun yang paling deras di Eropa, ketinggian 148 kaki (45 m) ke canyon yang merupakan terbesar di Islandia yaitu Jokulsargljufur Canyon. Terletak di Jokulsa Sungai Fjolum, yang mengalir dari gletser Vatnajokull, Dettifoss terletak dalam Taman Nasional Vatnajokull. Dalam hal debit volume, itu adalah air terjun terbesar di Eropa.



Air Terjun Iguazu, Argentina dan Brazil



Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Pada tahun 1984, Iguazu Falls terletak di perbatasan wilayah selatan Brazil dan provinsi Misiones, Argentina, dan sering dipuji sebagai air terjun spektakuler di dunia. Iguazu Falls mencakup 2.7 km(1.7 m) lebarnya, dan memiliki 275 air terjun kecil, dengan ketinggian muali dari 60-82 m. Nama Iguazu diterjemahkan dari Bahasa Guarani adat sebagai air besar. Iguazu Falls dengan 275 air terjunnya dengan melebar yang mengesankan dan mendalam, memiliki iklim yang tropis yang beragam, tidak diragukan lagi salah satu harta yang paling spektakuler di alam dunia kita.



Air Terjun Huangguoshu, China



Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Huangguoshu Waterfall, terletak di Provinsi Anshun, adalah salah satu air terjun terbesar di Cina, dengan tinggi 255 ft (77.8 m). Nama itu, Huangguoshu, secara harfiah diterjemahkan menjadi pohon buah kuning. Dikenal sebagai Huangguoshu Waterfall National Park



Air Terjun Kalateur Falls, Guyana



 Air Terjun Terbesar dan Terindah di Dunia

Air Terjun Kalateur dengan volume air tinggi, air terjun yang terletak di Guyana Kaleteur bagian dari Taman Nasional. Pada kettinggian 741 ft (226 m), memiliki curah air terbesar di dunia. Ketinggiannya lima kali lebih tinggi dari Niagara Falls , dan dua kali lebih tinggi dari Air Terjun Victoria. Dalam Bahasa Amerindian, Kaleteur berarti orang tua jatuh, diceritakan karena seorang tua yang didorong di atas jatuh dari perahu oleh kerabatnya.
Share this article :

Post a Comment

 

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Pengetahuan Cepat

Copyright © Pengetahuan Cepat - Situs Yang Membahas Semua Informasi
powered by Blogger